Selasa, 02 Maret 2010

MENGGAMBAR OBYEK DASAR DENGAN COREL DRAW

MENGGAMBAR OBYEK DASAR

Membuat Kotak persegi Panjang dan Kubus

1.Klik icon

Rectagular Tool

pada Tool Box, maka kursor akan berubah

menjadi

.

2.Klik-tahan-geser menuju kanan bawah membentuk kotak.

3.Lepaskan mouse, maka akan membentuk sebuah persegi panjang.

4.Tekan-tahan tombol

Ctrl

pada keyboard, Klik-tahan-geser menujukanan bawah

membentuk kotak.

5.Lepaskan mouse, maka akan membentuk sebuah obyek bukur sangkar.

contoh hasil :

Tanpa menekan tombol Ctrl, menghasilkan persegi panjang

Dengan menekan tombol Ctrl,menghasilkan bujur sangkar.

Obyek kotak

Membuat Lingkaran dan Elipse

1.Klik icon

Ellipse Tool

pada Tool box. Maka pointer akan berubah menjadi

.

2.Klik-tahan-geser menuju kanan bawah membentuk kotak.

3.Lepaskan mouse, maka akan membentuk sebuah elips.

4.Tekan-tahan tombol

Ctrl

pada keyboard, Klik-tahan-geser menujukanan bawah

membentuk kotak.

5.Lepaskan mouse, maka akan membentuk sebuah obyek lingkaran.

Contoh hasil :

Tanpa menekan tombol Ctrl,menghasilkan elips.

Dengan menekaMembuat Polygon, Spiral dan Graph Paper

Klik panah bawah yang terdapat pada sudut kanan bawah icon

Polygon Tool

,maka akan

muncul icon seperti berikut :

1.Klik icon

Polygon

membuat

polygon

. Lalu bawa kehalaman dan klik-tahan-geser

menuju kanan bawah. maka akanmenjadi obyek segilima.

2.Klik icon

Spiral Tool

. Lalu bawa ke halaman dan klik-tahan-geser menuju kanan

bawah. maka akan menjadi obyek

spiral

.

3.Klik icon

Graph Paper Tool

.

Lalu bawa ke halaman dan klik-tahan-geser

menuju kanan bawah. maka akan menjadi obyek tabel.n tombol Ctrl,menghasilkan lingkaran.

Membuat Teks

1.Klik icon

Text Tool

, maka pointer akan berubah menjadi

2.Klik di bagian bawah halaman, lalu ketik naskah “

YOGYAKARTA

Note:

Setiap selesai membuat obyek, selalu klik icon

Pick Tool

. hal ini untuk

menghindari pembuatan obyek baru yang sama bentuknya.

MENGEDIT OBYEK DASAR

Menggeser Obyek

1.Aktifkan obyek

elips

, maka dibagian sisi obyek tedapat delapan kotakkecil yang

disebut dengan node serta terdapat tanda silang pada bagiantengah elips.

. Node

2.Letakkan pointer pada tanda silang dibagian tengah obyek elips sehingga pointer

berubah menjadi panah empat arah.

3.Klik-tahan-geser ke tempat lain, maka obyek elips tersebut akanbergeser.

Memperbesar dan memperkecil ukuran obyek

1.Klik obyek lingkaran sehingga muncul node.

2.Letakkan pointer pada node di pojok kanan bawah sehingga berubahmenjadi panah

memojok.

3.Klik-tahan-geser ke arah kanan bawah, sehingga obyek lingkaranmenjadi lebih besar

4.Klik obyek persegi panjang sehingga muncul node.

5.Letakkan pointer pada node di pojok kanan bawah sehingga berubahmenjadi panah

memojok.

6.Klik-tahan-geser ke arah kiri-atas, sehingga obyek persegi panjangmenjadi lebih

kecil. Note :

Untuk memperbesar dan memperkecil dapat dilakukan pada setiap node. Jika

menggunakan node pada setiap pojok, maka pembesaran dan pengecilan obyek secara

proporsional. sedangkan pada node selain pojok akan menghasilkan perubahan obyek

secara bebas.

Rotasi Obyek

1.Aktifkan obyek segi lima sehingga muncul node.

2.Klik sekali lagi pada obyek tersebut sehingga node akan berubahmenjadi anak panah.

3.Letakkan pointer pada salah satu anak panah pada salah satu pojok,sehingga berubah

menjadi pointer panah melingkar.

4.Klik-tahan-putar searah jarum jam, lalu lepaskan. Anda perhatikanhasilnya.

Skewing Obyek

1.Aktifkan obyek Spiral sehingga muncul node.

2.Klik sekali lagi pada obyek tersebut sehingga node akan berubahmenjadi anak panah.

3.Letakkan pointer pada panah horisontal yang terdapat pada bagian atas atau bawah

obyek sehingga berubah menjadi

.

4.Klik-tahan-geser kNote :

Untuk Rotasi obyek dapat menggunakan node panah pada setiap pojok. Untuk

Skewing obyek dapat menggunakan panah vertikal pada bagian kanan dan kiri obyek

maupun horisontal pada bagian atas dan bawah obyekanan atau ke kiri, lalu lepaskan. Anda perMenggandakan obyek

1.Aktifkan teks “

YOGYAKARTA

“ sehingga muncul node.

2.Letakkan pointyer pada tanda silang di bagian tengah obyek sehinggaberubah menjadi

panah empat arah

.

3.Klik-tahan-geser ke bawah. Sebelum klik di lepas, lanjutkan dengan klik kanan

sehingga klik kanan dan kiri ditekan bersama, lalu lepaskan secara bersamaan. Anda

perhatikan maka teks akan menjadi dua.

Gambar 9

. Menggandakan Obyek.

4.Aktifkan obyekpolygon, sehingga muncul node.

5.Tekan dan tahan tombol

Ctrl

pada keyboard, lalu lakukan instruksilangkah ke 2 dan 3

diatas. Maka hasilnya akan berjajar vertikal.

Mencerminkan Obyek

1.Aktifkan obyek teks.

2.Arahkan pointer pada node sebelah kanan obyek sehingga membentukpanah atas-

bawah

.hatikanhasilnya.

3.Tekan dan tahan tombol

Ctrl

pada keyboard, lalu klik-tahan-geser pointer tersebut ke

bawah sampai melewati obyek.

4.Sebelum tombol

Ctrl

dan klik di lepas, klik kanan sehingga klik kiri dan kanan

ditekan bersama.

5.Lepaskan klik kanan dan kiri, lalu lepaskan tombol

Ctrl

. Anda lihat hasilnya.

Memberi Warna Fill dan Outline pada obyek

1.AKtifkan obyek persegi panjang sehingga muncul node.

2.Klik salah satu warna yang terdapat pada palet warna sebelah kananuntuk memberi

warna fill.

3.Klik kanan pada warna yang lain untuk mengganti warna outline.

4.Lakukan MENYIMPAN GAMBAR

1.Klik menu

File Save As.perintah diatas untuk memberi warna pada obyek-obyekyang lain. 2.Klik Pada

Save In

untuk menentukan letak penyimpanan file.Misalnya ke

3/5 floopy

A:\

3.Klik pada

File Name

, lalu ganti nama

Graphic1

dengan

Latihan1

4.Klik tombol

Save

.

MENGGAMBAR GARIS

Membuat halaman baru

1.Klik menu

Layout --> Insert Page2.Klik tombol

OK

.

Corel Draw menyediakan bermacam-macam tool untuk membuat garis antaralain

Freehand Tool, Bezier Tool, Natural Pen Tool, Dimension Tool dan ConnectorLine

Tool.

Gambar 13.

Line Tool

Keterangan : Urut dari kiri ke kanan masing-masing Freehand Tool, BezierTool,

Natural Pen Tool, Dimension Tool dan Connector Tool. Membuat Garis menggunakan Freehand Tool

1.Klik icon

Freehand Tool

.

2.Kik-tahan-geser ke sembarang tempat secukupnya lalu lepas.

Membuat garis Menggunakan Bezier Tool

1.Kik icon

Bezier Tool

.

2.Leakkan di halaman, lalu klik disembarang tempat.

3.Klik lagi di tempat lain, lanjutkan klik ditempat lain sehingga saling tersambung.

Membuat Garis Menggunakan Natural Pen Tool

1.Aktifkan icon

Natural Pen Tool

.

2.Anda perhatikan pada Property bar. Natural Pen Tool menyediakanempat jenis pen, yaitu berjajar dari paling kiri ke kanan masing masingFixed

Width Natural Pen Type

,

Pressure Natural Pen Type,Caligraphic Natural Pen Type dan Preset Natural Pen

Type3.Klik icon

Fixed Width Natural Pen Type

pada Property bar.

4.Klik-tahan-geser di halaman sehingga membentuk garis.

5.Lakukan langkah diatas untuk mencoba jenis garis pada Natural penyang lain.

Membuat garis menggunakan Dimension Tool

1.Buatlah sebuah obyek persegi panjang menggunakan Rectangular Tool.

2.Klik icon

Dimension Tool

. Pada

Property Bar

akan muncul iconseperti berikut: Anda dapat memilih jenis garis ukuran pada Property Bar antara lain (urut darikiri ke

kanan)

Auto Dimension Tool, Vertical Dimension Tool, Horizontal DimensionTool,

Slanted Dimension Tool, Callout Dimension Tool

dan

Angular Dimension Tool

.

3.Klik icon

Auto Dimension Tool

pada

Property Bar

, lalu arahkanpointer pada sisi

sebelah atas obyek persegi panjang.

4.Klik pada sudut kiri-atas obyek persegi panjang, lalu lepaskan.

5.Klik pada sudut kanan-atas obyek persegi panjang, lalu lepas.

6.Klik ditengah-tengah antara sudut kiri-atas dan kanan-atas pada garishorisontal. Anda

lihat hasilnya. Jika kurang jelas tanyakan padayang cakep.

TUGAS REMEDIAL TIK

NAMA : M.RIZKY RIVALDY

KELAS : XII – IPS

Menggambar ObjekKuda Laut

Dibanding objek-objek hewan laut lainnya, objek Kuda Laut initermasuk yang kompleks

untuk dibuat. Ia membutuhkan lekukan-lekukan dan pola-pola tubuh yang ruwet dan emakan

waktupanjang untuk membuatnya. Tapi, seperti Anda lihat nanti, hasilnyasetara dengan apa

yang telah kita lakukan.

Membuat Gambar Objek Kuda Laut

Dalam proses pembuatan gambar objek Kuda Laut ini kita akan menggunakan empat objek

freehand dan lima objek elips.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1.Buka program CorelDraw 12 kemudian siapkan lembar halamanbaru.

2.Pertama, kita akan membuat sketsa

Badan

. Klik Freehand Tool

pada toolbox [F5]

lalu buatlah objek badan.

3.Klik Shape Toolpada

toolbox lalu Edit gambar hingga sepertigambar di bawah

ini [ukuran: 17,5 x 21 cm].

4.Kita warnai objek badan dengan mengklik Fill Tool yang kemudian disusuldengan

memilih Fountain Fill Dialog [F11]. Ikutisetting ini, Type: Linear, Color Blend: Two

Color, From: Murky Green, To: Martian Green, Mid-point: 50, dan klik OK

5.Kedua, kita akan membuat

Arsiran Perut

. Klik Elipse Tool lalubuat objek elips [8,5

x 14 cm] serta posisikan

6.Klik menu

Arrange > Transformation > Rotate

dan kemudianmasukkan nilai -15

pada Angle. Lalu klikApply.

7.Klik menu

Arrange > Shapping > Shapping

dan pilih Intersect. Beri tanda pada

Target Object(s) kemudian klik Intersect With.Setelah itu klik objek pertama.

8.Klik Freehand Tool

pada toolbox [F5] dan buatlah objek segitiga [8,4 x 4 cm]. 9.Klik Shape Tool pada toolbox lalu Edit gambar hingga sepertigambar di bawah ini.

Klik pick tool kemudian posisikan.

10.Klik menu

Arrange > Transformation > Rotate

kemudianmasukkan nilai -15 pada

Angle. Lalu klik Apply.

11.Tekan tanda + pada keyboard lalu geser ke bawah. Ulangi sekali lagi sehingga kuda

laut ini punya tiga strip.

12.Seleksi ketiga objek lalu klik menu

Arrange > Shapping >Shapping

dan pilih Trim.

Beri tanda pada Target Object(s)kemudian klik Trim. Setelah itu, klik objek kedua

(hasil intersect).

13.Klik objek kedua (hasil intersect) lalu klik Fill Tool dan kemudian pilih Fountain Fill

Dialog [F11]. Ikuti setting berikut ini, Type:Linear, Angle: 170, Color Blend: Two

Color, From: Yellow, To:White, Mid-point: 1, dan klik OK.

14.Seleksi tiga objek hasil Trim lalu klik warna Chartreuse pada colorpalette.

15.Ketiga kita akan membuat

Sirip Punggung

. Klik Freehand Tool

pada toolbox

[F5] lalu buatlah objek

16.Klik Shape Tool pada toolbox lalu edit gambar hingga seperti gambar berikut. Klik

pick tool kemudian posisikan sirip punggung tersebut. 17.Klik Pick Tool lalu klik menu

Arrange > Shapping > Shapping

dan pilih Trim. Beri

tanda pada Source Object(s) kemudian klik objek

Badan

dan tekan Trim. Kalau

sudah, klik objek

SiripPunggung

18.Kita warnai sirip punggung ini. Klik Fill Tool kemudian pilih Fountain Fill

Dialog [F11] dan pakai setting ini, Type: Linear, Color Blend: Two Color, From:

Green, To: Deep Navy Blue, Mid-point: 50, dan klik OK.

19.Keempat, kita akan membuat

Sirip Kepala Klik Freehand Tool

pada toolbox

[F5] lalu buatlah objek

20.Klik Shape Tool pada toolbox lalu edit gambar hingga seperti gambar di bawah ini.

Klik pick tool

21.Klik Pick Tool lalu pilih menu

Arrange > Shapping > Shapping

dan pilih Trim. Beri

tanda pada Source Object(s) kemudian klik objek

Badan

. Tekan Trim. Setelah itu klik

objek

Sirip Kepala

. 22.Kita akan mewarnai sirip kepala ini. Klik Fill Tool kemudian pilihFountain Fill

Dialog [F11] dan ikuti setting ini, Type: Linear, ColorBlend: Two Color, From:

Orange, To: Green, Mid-point: 50, danterakhir klik OK.

23.Kelima, kita akan membuat

Mata

. Klik Elipse Tool lalu buat objekelips [4 x 4,6 cm].

24.Klik menu

Arrange > Transformation > Rotate

dan masukkan

nilai 15 pada Angle. Klik Apply.

25.Kita warnai mata ini. Klik Fill Tool kemudian pilih Fountain Fill Dialog [F11]. Ikuti

setting ini, Type: Radial, Horizontal: 22, Vertical: 32, Color Blend: Two Color

26.Keenam, kita akan membuat

BolaMata

. Klik Elipse Tool lalu buatobjek elips [1,8 x

2,1 cm].

27.Klik Fill Tool kemudian pilih Fountain Fill Dialog [F11]. Ikutisetting seperti ini,

Type: Radial, Horizontal: -1, Vertical: -34, Color Blend: Two Color, From: White, To:

Yellow, Mid-point: 70, dan klik OK.

28.Ketujuh, kita akan membuat

Gelembung Udara

. Klik Elipse Tool lalu buat lima bjek

Lingkaran

29.Gelembung-gelembung ini akan kita warnai satu demi satu. Klik Fill Tool kemudian

pilih Fountain Fill Dialog [F11]. Ikuti settingini, Type: Radial, Color Blend: Two

Color, From: Ice Blue, To: White, Mid-point: 50, dan terakhir klik OK.

29.Gelembung-gelembung ini akan kita warnai satu demi satu. Klik Fill Tool kemudian

pilih Fountain Fill Dialog [F11]. Ikuti settingini, Type: Radial, Color Blend: Two

Color, From: Ice Blue, To: White, Mid-point: 50, dan terakhir klik OK.

31.Klik Fill Tool kemudian pilih Fountain Fill Dialog. Ikuti setting seperti ini, Type:

Square, Horizontal: -24, Vertical: 19, Color Blend: Two Color, From: Black, To:

Green, Mid-point: 50, lalu klik OK. Kalau sudah, klik-kanan warna White pada color

palette.

32.Seleksi semua objek lalu tekan Ctrl+G.







0 komentar:

Posting Komentar